Proses Bisnis Traveloka
Proses Bisnis Pada TRAVELOKA
PT
Trinusa Travelindo (TRAVELOKA)
Manage Process
A. Set
Dirrection
Visi :
- Menjadikan traveling lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi.
- Menjadi salah satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Agen Perjalanan) terbaik di Indonesia.
- Berkontribusi didalam meningkatkan industri pariwisata dan transportasi/perjalanan di Indonesia.
Misi :
- Selalu menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik.
- Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan.
- Secara terus menerus meningkatkan kemampuan SDM dan infrastuktur perusahaan sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya.
- Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan semua mitra usaha, baik domestik dan International.
B. Set
Strategy
- Price
Traveloka adalah online
travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan
mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem
online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat
menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan
sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.
- Product
Traveloka
adalah layanan jual beli tiket pesawat. Dalam laman resminya yakni mengatakan
bahwa traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking
system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya.
Dengan memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui
sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.
Traveloka
bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai yang sudah terpercaya
untuk menerbitkan tiket. Hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan
pemesanan tiket mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan
dan keamanan yang terjamin.
Maskapai-maskapai
yang bekerjasama dengan traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah
: Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Tiger Air, dll. Traveloka juga menyediakan fasilitas untuk
menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, yakni
tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari
masing-masing maskapai penerbangan.
- Promotion
Cara
promosi yang dilakukan oleh traveloka antara lain, adalah melalui media social,
iklan di tv dan pembagian kupon diskon. Media social yang digunakannya antara
lain adalah facebook, twiiter, dan website.
- Place
Berhubung
Traveloka adalah agent pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan cara online.
Maka tempat berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui
internet dan Business to Customer (B2C). Dimana Traveloka ini, beriklan
diberbagai media social dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan
pemesanan dilakukan melalui internet. Traveloka sangat menikmati struktur
transaksi business-to-consumer (B2C).
C. Direct
Business
Saat
ini masyarakat Indonesia sedang gemar-gemarnya untuk pergi berwisata Maka dari
itu situs ini didirikan guna agar memudahkan dan memberikan kenyamanan para traveler untuk menelusuri
berbagai jenis maskapai penerbangan, kereta api, dan transportasi lainnya,
akomodasi sementara dan penginapan, pertunjukan seni, objek wisata, paket
perjalanan wisata, pulsa prabayar, serta membuat reservasi, pemesanan dan/atau
pembelian “Layanan” dengan harga yang amat fluktuatif.
Core Process
A. Developt
product
Traveloka
kini mulai menyasar millenial dengan cara menambahkan berbagai fitur yang
praktis dan memudahkan. Mayoritas generasi millenial memang menginginkan
sesuatu hal yang cepat, mudah, praktis dan tidak merepotkan. Lalu hadirlah
Traveloka dengan pilihan fitur yang menjawab kebutuhan millenial tersebut,
yaitu:
- Best Price Finder
Meski
suka traveling dan rela menyisihkan uang lebih untuknya, namun millenial
ternyata juga hobi mencari harga terendah atau harga promo untuk akomodasi
mereka. Strategi bisnis Traveloka untuk mengatasi hal ini adalah dengan
menawarkan fitur baru berupa Best Price Finder. Dengan fitur ini pengguna bisa
membandingkan harga hotel setiap harinya. Saat fitur ini diaktifkan, kalender
Traveloka akan menampilkan harga hotel setiap harinya dan memberi tanda hijau
pada tarif termurah. Estimasi harga terendah yang muncul dalam fitur merupakan
harga yang diperoleh dari hasil pencarian dalam 48 jam terakhir.
- TravelokaPay
Fitur
ini diperuntukkan bagi para member setia Traveloka. Dalam fitur travelokaPay
ada dua pilihan, yaitu Kredit Tanpa Kartu dan Kartu Saya. Kredti Tanpa Kartu
memiliki fungsi hampir mirip dengan kartu kredit dengan limit maksimal 10 juta.
Kartu Saya memungkinkan pengguna untuk menambahkan kartu kreditnya di fitur
travelokaPay sehingga tak perlu berulang kali memasukkan detail kartu kredit
saat akan melakukan transaksi. Fitur
travelokaPay dapat digunakan untuk pembelian tiket pesawat dan kereta api,
pemesanan hotel, pulsa dan internet, aktivitas dan rekreasi, serta pembelian
bundling tiket pesawat dan hotel. Sangat memudahkan bagi traveler millenial
yang tak mau repot.
- Travelers Picker
Selalu
mengisi data pemesan dan penumpang setiap kali akan melakukan transaksi bisa
membuat pengguna bosan dan kesal. Karena mengerti akan keadaan ini, Traveloka
memudahkan dengan fiturnya yaitu Travelers Picker. Login saat bertransaksi
artinya pengguna mengizinkan Traveloka menyimpan data dan informasi yang
nantinya dibutuhkan untuk transaksi selanjutnya. Jadi para traveler millenial
tak perlu mengisinya dari awal lagi.
B. Fullfil
Order
- Buka
Aplikasi Traveloka
- Cari
Penerbangan : Mulai pencarian anda dengan memasukkan detail penerbangan.
- Pilih
dan Pesan Penerbangan : Detail penerbangan (Nama maskapai, jadwal, harga
tiket,dll) dapat anda lihat dihalaman hasil pencarian.
- Isi
Data Kontak dan Penumpang : Setelah
memilih penerbangan anda, isi data pemesan yang dapat dihubungi dan data
penumpang yang berangkat.
- Lakukan
pembayaran : Beragam metode pembayaran tersedia pilihlah yang sesuai
kebutuhan anda.
- E
–tiket Dikirimkan : Setelah pembayaran sukses diterima. E – tiket resmi
traveloka akan dikirimkan ke alamat email anda dalam maks 60 menit.
C. Support
Product
- Tiket
Pesawat
- Hotel
- Aktivitas
& Rekreasi
- Tiket
Kereta Api
- Tiket Bus & Travel
D. Support
Process
- HRD
- Mengelola
orang – orang yang ada di dalam perusahaan.
- Membuat
sistem HR yang efektif dan efisien.
- Memastikan
bahwa karyawan selalu produktif, loyal dan punya kontribusi terhadap
perusahaan.
- Financial &
Accounting
- Bertanggung
jawab atas segala aktivitas keuangan perusahaan
- Melakukan
pengelolaan keuangan perusahaan
- Membuat
laporan mengenai aktivitas keuangan perusahaan
- Informasi dan
Teknologi
- Menggunakan
aplikasi traveloka untuk proses pemesanan.
- Tarif
bisa di dilihat di aplikasi.
DAFTAR PUSTAKA
https://mizawidhy.wordpress.com/2017/02/26/analisis-model-bisnis-traveloka/
http://aliciaos.blogspot.com/2017/10/traveloka.html
https://www.traveloka.com/en/
http://marketeers.com/strategi-traveloka-selalu-diingat-ketika-traveling/
https://kasusmanajemen.wordpress.com/2011/09/02/proses-pengembangan-produk-baru/
http://mutiarakinan-ti.blogspot.com/2016/10/sejarah-dan-perkembangan-traveloka.html
http://manadopostonline.com/read/2015/05/30/Traveloka-Startup-Terunggul-di-Indonesia/9462

Komentar
Posting Komentar