Proses Bisnis Traveloka

Proses Bisnis Pada TRAVELOKA


PT Trinusa Travelindo (TRAVELOKA)




Manage Process
A. Set Dirrection
Visi :
  • Menjadikan traveling lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi.
  • Menjadi salah satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Agen Perjalanan) terbaik di Indonesia.
  • Berkontribusi didalam meningkatkan industri pariwisata dan transportasi/perjalanan di Indonesia.

Misi :
  • Selalu menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik.
  • Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan.
  • Secara terus menerus meningkatkan kemampuan SDM dan infrastuktur perusahaan sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya.
  • Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan semua mitra usaha, baik domestik dan International.

B. Set Strategy
  • Price
Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.
  • Product
Traveloka adalah layanan jual beli tiket pesawat. Dalam laman resminya yakni mengatakan bahwa traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.
Traveloka bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket. Hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.
Maskapai-maskapai yang bekerjasama dengan traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah : Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Tiger Air, dll.  Traveloka juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, yakni tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing maskapai penerbangan.
  • Promotion
Cara promosi yang dilakukan oleh traveloka antara lain, adalah melalui media social, iklan di tv dan pembagian kupon diskon. Media social yang digunakannya antara lain adalah facebook, twiiter, dan website.
  • Place
Berhubung Traveloka adalah agent pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan cara online. Maka tempat berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui internet dan Business to Customer (B2C). Dimana Traveloka ini, beriklan diberbagai media social dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan pemesanan dilakukan melalui internet. Traveloka sangat menikmati struktur transaksi business-to-consumer (B2C).

C. Direct Business

Saat ini masyarakat Indonesia sedang gemar-gemarnya untuk pergi berwisata Maka dari itu situs ini didirikan guna agar memudahkan dan memberikan kenyamanan para traveler untuk menelusuri berbagai jenis maskapai penerbangan, kereta api, dan transportasi lainnya, akomodasi sementara dan penginapan, pertunjukan seni, objek wisata, paket perjalanan wisata, pulsa prabayar, serta membuat reservasi, pemesanan dan/atau pembelian “Layanan” dengan harga yang amat fluktuatif.

Core Process
A. Developt product
Traveloka kini mulai menyasar millenial dengan cara menambahkan berbagai fitur yang praktis dan memudahkan. Mayoritas generasi millenial memang menginginkan sesuatu hal yang cepat, mudah, praktis dan tidak merepotkan. Lalu hadirlah Traveloka dengan pilihan fitur yang menjawab kebutuhan millenial tersebut, yaitu:
  • Best Price Finder
Meski suka traveling dan rela menyisihkan uang lebih untuknya, namun millenial ternyata juga hobi mencari harga terendah atau harga promo untuk akomodasi mereka. Strategi bisnis Traveloka untuk mengatasi hal ini adalah dengan menawarkan fitur baru berupa Best Price Finder. Dengan fitur ini pengguna bisa membandingkan harga hotel setiap harinya. Saat fitur ini diaktifkan, kalender Traveloka akan menampilkan harga hotel setiap harinya dan memberi tanda hijau pada tarif termurah. Estimasi harga terendah yang muncul dalam fitur merupakan harga yang diperoleh dari hasil pencarian dalam 48 jam terakhir.
  • TravelokaPay
Fitur ini diperuntukkan bagi para member setia Traveloka. Dalam fitur travelokaPay ada dua pilihan, yaitu Kredit Tanpa Kartu dan Kartu Saya. Kredti Tanpa Kartu memiliki fungsi hampir mirip dengan kartu kredit dengan limit maksimal 10 juta. Kartu Saya memungkinkan pengguna untuk menambahkan kartu kreditnya di fitur travelokaPay sehingga tak perlu berulang kali memasukkan detail kartu kredit saat akan melakukan transaksi. Fitur travelokaPay dapat digunakan untuk pembelian tiket pesawat dan kereta api, pemesanan hotel, pulsa dan internet, aktivitas dan rekreasi, serta pembelian bundling tiket pesawat dan hotel. Sangat memudahkan bagi traveler millenial yang tak mau repot.
  • Travelers Picker
Selalu mengisi data pemesan dan penumpang setiap kali akan melakukan transaksi bisa membuat pengguna bosan dan kesal. Karena mengerti akan keadaan ini, Traveloka memudahkan dengan fiturnya yaitu Travelers Picker. Login saat bertransaksi artinya pengguna mengizinkan Traveloka menyimpan data dan informasi yang nantinya dibutuhkan untuk transaksi selanjutnya. Jadi para traveler millenial tak perlu mengisinya dari awal lagi.

B. Fullfil Order
  1. Buka Aplikasi Traveloka
  2. Cari Penerbangan : Mulai pencarian anda dengan memasukkan detail penerbangan.
  3. Pilih dan Pesan Penerbangan : Detail penerbangan (Nama maskapai, jadwal, harga tiket,dll) dapat anda lihat dihalaman hasil pencarian.
  4. Isi Data Kontak dan Penumpang  : Setelah memilih penerbangan anda, isi data pemesan yang dapat dihubungi dan data penumpang yang berangkat.
  5. Lakukan pembayaran : Beragam metode pembayaran tersedia pilihlah yang sesuai kebutuhan anda.
  6. E –tiket Dikirimkan : Setelah pembayaran sukses diterima. E – tiket resmi traveloka akan dikirimkan ke alamat email anda dalam maks 60 menit.
C. Support Product
  1. Tiket Pesawat
  2. Hotel
  3. Aktivitas & Rekreasi
  4. Tiket Kereta Api
  5. Tiket Bus & Travel
D. Support Process
  1. HRD
  • Mengelola orang – orang yang ada di dalam  perusahaan.
  • Membuat sistem HR yang efektif dan efisien.
  • Memastikan bahwa karyawan selalu produktif, loyal dan punya kontribusi terhadap perusahaan.
  1. Financial & Accounting
  • Bertanggung jawab atas segala aktivitas keuangan perusahaan
  • Melakukan pengelolaan keuangan perusahaan
  • Membuat laporan mengenai aktivitas keuangan perusahaan
  1. Informasi dan Teknologi
  • Menggunakan aplikasi traveloka untuk proses pemesanan.
  • Tarif bisa di dilihat di aplikasi.
DAFTAR PUSTAKA
https://mizawidhy.wordpress.com/2017/02/26/analisis-model-bisnis-traveloka/
http://aliciaos.blogspot.com/2017/10/traveloka.html
https://www.traveloka.com/en/
http://marketeers.com/strategi-traveloka-selalu-diingat-ketika-traveling/
https://kasusmanajemen.wordpress.com/2011/09/02/proses-pengembangan-produk-baru/
http://mutiarakinan-ti.blogspot.com/2016/10/sejarah-dan-perkembangan-traveloka.html
http://manadopostonline.com/read/2015/05/30/Traveloka-Startup-Terunggul-di-Indonesia/9462

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME LKMM Pra - TD